Kamis, 06 Juli 2017

Kesimpulan tugas internet marketing

Kesimpulan dari definisi internet marketing beserta contohnya,yang perlu diperhatikan pemasaran dalam bentuk online, dan proses pembayaran yang terbaik dalam proses penjualan online. I. Internal Marketing merupakan penanaman konsep teori dan praktek pemasaran terhadap orang yang melayani pelanggan (karyawan) sehingga menghasilkan tenaga kerja yang baik. Latihan dasarnya dilakukan dimana sebelum karyawan berinteraksi dengan pelanggan yang sebenarnya, terlebih dahulu mereka harus mencoba berinteraksi kepada pegawai lainnya. Agar rencana pemasaran sebuah perusahaan berjalan baik maka sebelumnya perlu dilakukan pembinaan terhadap karyawan. Gagal atau suksesnya pemasaran, sangat tergantung pada karyawan. Oleh sebab itu karyawan harus dilatih memberi pelayanan sebaik mungkin. Dalam konteks perusahaan, internal marketing mencakup: 1. Kesiapan Kesiapan dalam melaksanakan pekerjaan sesuai job description-nya merupakan aspek penting yang harus dipenuhi, karena hal itu mendasari kinerja karyawan dalam perusahaan. Contohnya sopir, terlebih dahulu mereka harus punya SIM dan kemampuan mengemudi. 2. Kepedulian Kepedulian berdasarkan kinerja adalah kunci sukses yang dimiliki perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia. Contoh kecil sebuah kepedulian adalah mengantarkan seorang tamu yang sedang kebingungan mencari informasi tentang produk/jasa yang di tawarkan perusahaan. Wujud kepedulian dapat juga diungkapkan dengan perasaan senang ketika terjadi kemajuan dalam perusahaan. Kepedulian dan perhatian satu sama yang lain merupakan salah satu tolak ukur tentang pengabdian dan dedikasi seseorang terhadap perusahaan. 3. Pelayanan Pelayanan infomasi dengan sistematis dan memadai akan mampu menarik pelanggan. Strategi ini akan sangat efektif tidak saja untuk pemasaran jangka pendek dan menengah, tetapi juga untuk jangka panjang. Alasannya adalah karena konsumen merupakan bagian terpenting dari sistem pemasaran “mulut ke mulut” yang sekaligus sebagai etalase hidup dari perusahaan di masyarakat. Konsumen akan menjadi cermin dan tolak ukur dari eksistensi perusahaan. Hasil jangka panjangnya, konsumen kelak akan memberikan respon yang positif untuk membeli produk/jasa ke perusahaan yang bersangkutan. Sebaliknya, jika mereka tidak mendapatkan pelayanan dan informasi yang memadai, justru itu akan menjadi bumerang yang merugikan bagi perusahaan. II. Untuk itu perlu sekali hal-hal yang menyangkut tentang internet marketer profesional dan pengelolaan seperti dibawah ini. Mengembangkan brand Brand adalah ujung tombak produk yang ditawarkan dan merupakan alat untuk menarik perhatian publik. Dalam internet marketing wajib membuat strategi untuk mendatangkan pengunjung. Semakin banyak orang mengenal brand produk Anda, maka secara tidak langsung nama besar brand sedang dibangun. Setelah nama brand banyak dikenal. Membangun image brand Buat produk Anda benar-benar berkualitas dan menberikan layanan yang mengesankan. Jika publik sudah mulai melirik brand Anda, maka saatnya menerapkan strategi internet marketing lainnya untuk meningkatkan penjualan. Mengatur strategi internet marketing Strategi pemasaran tidak dibuat begitu saja, tapi harus melalui penelitian. Dengan menganalisa semua data pasar, baru bisa disusun strategi pemasaran yang tepat bagi usaha Anda. Mendata strategi marketing Apabila semua strategi internet marketing tersebut sudah dilakukan, maka saatnya Anda mendata semua pengguna internet menggunakan Google Analytics. Tujuan pendataan ini agar marketer dapat melihat dengan jelas traffic website dan perilaku pengguna internet terhadap produk Anda. Contoh diatas adalah hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi leader internet marketer profesional, sebenarnya masih banyak hal yang berhubungan langsung dengan pemasaran secara online serta strategi dengan penerapan secara sistematis. III. Berikut adalah 3 contoh metode pembayaran terbaik yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam menjalankan bisnis online : 1. Fitur ‘Checkout’ dari Amazon Seperti yang telah kita ketahui, Amazon adalah raksasa dalam dunia e-Commerce maupun bisnis online. Fitur ‘Checkout’ dari Amazon menawarkan kemampuan untuk membayar barang melalui akun Amazon kita yang tentu semua konsumen Amazon sudah sangat familiar dan paham. Fitur ini menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam proses pembayaran setelah melakukan belanja secara online. Cukup dengan memberikan informasi mengenai kartu kredit kita secara singkat dan aman tanpa perlu mengisi formulir pembayaran baru yang terkadang merepotkan konsumen. 2. PayPal Express PayPal adalah salah satu pilihan terbaik untuk melakukan pembayaran secara online tanpa harus berbagi informasi finansial yang terkadang membuat konsumen merasa tidak aman. PayPal merupakan salah satu nama besar yang paling terpercaya dalam hal pembayaran online. Bahkan 43% dari konsumen online shop di kawasan Amerika Utara yang notabene merupakan salah satu pasar terbesar dalam sistem belanja online, telah menggunakan PayPal sebagai metode pembayaran saat berbelanja online. 3. eLayaway ™ eLayaway ™ (yang hingga artikel ini diterbitkan, eLayaway ™ masih menunggu hak patennya resmi keluar) adalah salah satu pilihan pembayaran online yang memungkinkan pelaku bisnis online untuk memproses, mengelola, dan mengotomatisasi program pembayaran angsuran dalam bisnis online mereka. Dengan menawarkan rencana pembayaran yang paling baik dan nyaman yang secara otomatis disusun dari informasi rekening bank konsumen, pelaku bisnis online dapat menikmati manfaat dari menawarkan sistem angsuran tanpa perlu repot memikirkan tata kelola administrasi yang rumit yang terkait dengan proses pembayaran suatu produk. Kesimpulan dari teknologi apa yang mendukung e-marketing dalam proses pemasaran, sebutkan dan jelaskan cara penyampaian brosur e-marketing, apabila kita menggunakan e-marketing pasar target mana yang akan merespon. I. Ada empat tahap proses marketing berikut ini: 1. Melakukan Riset Pasar. Proses marketing dimulai dari riset pasar untuk melihat seberapa besar potensi pasar, mengukur tingkat kebutuhan pasar, peluang pasar, dan ragam segmen yang tersedia. Juga mengetahui tingkat persaingan di pasar tersebut. Sebagai contoh, sebelum meluncurkan Rumusan Rahasia Blogging, saya lihat betapa pasar blogging begitu besar. Tingkat kebutuhannya sangat tinggi. Rahasia Blogging bukan sekedar membahas tentang bagaimana membuat blog dan menghasilkan uang dari blogging. Namun lebih dari itu membuat blog sukses spektakuler. 2. Mengembangkan Strategi Marketing. Dengan memperhitungkan keunggulan anda, anda siapkan strategi positioning dan brand produk anda. 3. Menetapkan Program Marketing. Dari strategi marketing tersebut, kemudian lebih rinci ke program marketing. Apa sajakah program marketing yang anda rencanakan? Misalkan ketika baru meluncurkan produk, anda bertumpu pada SEO, PPC, dan beriklan di situs web iklan seperti iklan jitu. Pada tahap ini, anda perlu hitung total anggaran marketing, alokasi pengeluaran di tiap program marketing yang dijalankan. 4. Evaluasi dan Perbaikan. Pada tahap terakhir ini kita lihat bagaimana hasil dari program-program marketing tersebut. Sudah sesuaikah dengan target anda? Dan dari hasilnya anda bisa rumuskan kembali program marketing apa yang perlu diperbaiki, mana yang perlu diperkuat, mana yang perlu dikurangi atau mungkin perlu ditiadakan. Dan begitu seterusnya. II. Cara penyampaian brosur melalui e-marketing yang baik - Singkat Namun Tetap Informatif Cara membuat brosur yang pertama adalah siapkan konten dengan tulisan sesingkat mungkin namun tetap bisa membawa calon konsumen atau klien Anda pada inti informasi yang ingin Anda sampaikan. Jika customer Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung mengarahkan mereka untuk menghubungi Anda melalui nomor telepon, alamat, e-mail ataupun website. -Atur Tulisan pada Konten Setelah Anda menentukan konten penting yang akan Anda sampaikan ke dalam brosur, cara membuat brosur selanjutnya adalah mengatur tulisan pada informasi tersebut agar lebih mudah dibaca oleh customer. Berikut adalah beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan: Ukuran font Gaya font Poin-poin Text Box Infografis - Gunakan Judul yang Menarik Judul adalah teks pertama yang dibaca oleh orang yang melihat brosur Anda. Judul yang bombastis dan fantastis dapat membawa emosi konsumen sehingga menarik perhatian mereka. Cara membuat brosur dengan judul yang menarik dapat Anda mulai dengan mencari beberapa alternatif kata kunci atau menggunakan masalah yang biasa dialami oleh konsumen. Contohnya: “Ingin Menurunkan 10 kg dalam sebulan?” atau “Ingin Wajah Putih Merona Dalam 7 Hari?” - Sebutkan Benefits dari Produk Anda Ketimbang hanya menyapu bersih seluruh bagian brosur dengan menuliskan penawaran dari produk Anda, tidak ada salahnya menyebutkan beberapa benefits atau manfaat yang bisa didapatkan oleh konsumen jika memakai produk Anda. Cara membuat brosur dengan cara ini juga sangat efektif sehingga customer bisa mengetahui kenapa mereka harus mencoba produk yang Anda tawarkan. - Unggul dari Kompetitor Temukan cara untuk menyampaikan kepada konsumen apa yang akan Anda berikan sehingga produk Anda adalah pilihan terbaik dibandingkan dengan produk dari kompetitor Anda. -Periksa Ulang Kembali Tulisan Anda Tidak hanya Anda yang harus membaca dan memeriksa ulang kembali kalimat atau tulisan yang dicantumkan dalam produk. Mintalah 1 atau 2 orang untuk membantu Anda mengecek dan memeriksanya juga. Cara membuat brosur dengan cara ini dilakukan agar menghindari kesalahan pada penulisan atau typo yang dapat membuat brosur Anda terlihat tidak berharga. -Cantumkan Call to Action Jangan biarkan orang-orang yang berpotensial menjadi konsumen Anda, hanya membaca brosur produk Anda saja. Cara membuat brosur dengan call to action bisa Anda lakukan dengan mencantumkan kalimat seperti “Pesan Sekarang”, “Telepon kami sekarang juga” atau “Daftarkan diri Anda di website kami”. Hal ini membuat konsumen yakin bahwa Anda ingin mereka menghubungi Anda. -Tonjolkan Penawaran Spesial Jika Anda memiliki beberapa penawaran spesial atau diskon, Anda dapat menonjolkannya pada brosur. Hal ini dapat menambah keinginan konsumen untuk segera memakai atau membeli produk yang Anda tawarkan. -Ketahui Audience Anda Cara membuat brosur selanjutnya adalah lakukan riset untuk menentukan siapa saja target konsumen Anda. Brosur yang dibuat tidak sesuai dengan target Anda, jelas tidak akan efektif dan hanya akan membuang waktu, tenaga serta dana karena tidak akan tepat sasaran. -Informasi Harus Relevan Pastikan informasi yang ada di brosur relevan, agar customer Anda mengetahui di mana perusahaan Anda berada, bagaimana cara menghubungi Anda, pelayanan atau produk apa yang Anda tawarkan dan tidak tawarkan dan informasi yang terkait dengan produk Anda lainnya. -Cantumkan Testimonial Pelanggan Anda Testimonial client atau customer adalah salah satu cara membuat brosur yang efektif karena testimonial dapat menarik perhatian calon pelanggan. Mereka cenderung mencari pendapat dan tanggapan dari customer yang pernah memakai produk yang ditawarkan, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut. Pastikan testimonial tersebut ditulis dengan jelas, profesional dan fokus pada bisnis Anda - Letakkan Informasi Kontak Perusahaan pada Bagian Bawah Brosur Hal terakhir yang dilihat dan dibaca oleh customer adalah nama bisnis dan kontak perusahaan Anda, informasi tersebut akan terus diingat oleh mereka. -Pastikan Font di Brosur Dapat Terbaca Sudah mengeluarkan banyak pikiran, waktu dan biaya untuk membuat brosur, tetapi brosur Anda tidak dapat terbaca? Itu semua akan menjadi hal yang sia-sia. Font paling popular yang digunakan untuk brosur adalah Times New Roman, Palatino, Georgia, Courier, Bookman dan Garamond. Pastikan juga ukuran font pada brosur yang akan Anda buat tidak lebih kecil dari ukuran 10. -"Put Yourself in Your Customer’s Shoes.” Anda pernah mendengar ungkapan atau idiom di atas? Arti idiom tersebut adalah: Tempatkan diri Anda pada posisi pelanggan. Untuk menghindari bahasa yang terlalu memaksa pelanggan untuk membeli produk Anda, cobalah pikirkan apa yang Anda butuhkan jika Anda berada di posisi mereka. Tuliskan secara langsung dan buatlah se-simple mungkin -Gunakan Kata ‘Anda’ Cara membuat brosur yang baik adalah dengan menggunakan kata ‘Anda’ dalam menyebut nama customer di dalam brosur. Hal itu memberikan kesan bahwa Anda berbicara langsung dengan mereka. Hindari kata ‘mereka’, sebutan tersebut menunjukkan Anda berbicara pada orang yang tidak dikenal dan Anda akan mendapatkan kesan tidak profesional. Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam mengikuti tips-tips di atas ke dalam praktik yang efektif, Anda bisa bekerja sama dengan para freelance copywriter untuk mempermudah usaha Anda dalam melancarkan strategi membuat brosur. Sribulancer menyediakan layanan tersebut dengan para freelancer yang memiliki reputasi baik dalam pekerjaannya. III. Apabila kita menggunakan e-marketing pasar target yang akan merespon adalah pengguna internet maupun media sosial yang sering melakukan transaksi secara online. Kesimpulan dari jenis-jenis program affiliate marketing 1. Pay Per Sale (PPS) Adalah jenis program affiliate marketing dimana kita akan mendapatkan komisi jika terjadi penjualan melalui link affiliasi kita. Prosentasi komisi bervariasi antara 40%-75%. Contoh produk yang dipasarkan melalui PPS adalah produk-produk informasi seperti e-book dan produk digital seperti software. 2. Pay Per Lead (PPL) Adalah jenis program affiliate marketing dimana kita akan mendapatkan komisi dari setiap prospek atau leads yang bergabung melalui link affiliasi kita sesuai kualifikasi yang ditentukan oleh merchant. Komisi pembayaran flat, atau yang umum diterimakan oleh situs luar negeri sebesar $ 0.10/lead. Contoh merchant PPL seperti situs domain gratis luar negeri, namun program yang terbaik biasanya berasal dari situs asuransi, property dan aplikasi pinjaman. 3. Pay Per Click (PPC) Adalah jenis program affiliate marketing dimana kita akan mendapatkan komisi dari setiap klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung blog/situs. Harga per klik iklan ini sangatlah bervariasi dan berbeda antara pengelola PPC yang satu dengan yang lainnya. Kisarannya mulai Rp. 300,- per klik. Program PPC yang paling populer saat ini adalah Google's Adsense. 4. Pay Per Review (PPR) Adalah jenis program affiliate marketing dimana kita akan mendapatkan komisi dari setiap review produk/jasa yang kita tulis di blog.Besar komisi biasanya akan diklasifikasikan menurut Page Rank blog. Berkisar mulai Rp. 25.000,-/artikel/blog untuk page rank 1. Makin tinggi page rank suatu blog makin besar pula komisinya. Contoh situs PPR yang populer diantaranya reviewme.com dan sponsoredreview.com. 5. Recurring Affiliate ProgramAdalah jenis program affiliate marketing dimana kita akan mendapatkan komisi dari setiap rekrutmen member yang berlangganan suatu jasa dan layanan bulanan. Komisi yang diberikan tidaklah besar, namun dibayarkan dalam periode tetap atau berkala. Contohnya adalah situs web hosting, autoresponder ataupun keanggotaan suatu website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar